SARASEHAN ONLINE REFLEKSI PENDIDIKAN AKHIR TAHUN

Posted by & filed under .

Telah dilaksanakan Sarasehan Online Nasional Refleksi Pendidikan Akhir Tahun dengan topik “Filsafat Pendidikan Pancasila, masih adakah?” pada Selasa, 27 Desember 2022 dimulai pukul 19.30 secara daring melalui zoom meeting. Sarasehan ini mengulik tentang Filsafat Pancasila hingga bagaimana kurikulum pendidikan di Indonesia mengambil nilai-nilai yang ada pada Pancasila kemudian dijabarkan pada Profil Pelajar Pancasila.

Sarasehan ini diawali oleh MC yaitu Aulia Anjani mahasiswa PPKn FKIP UNS dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membuka sarasehan dengan Doa. Sarasehan diserahkan oleh Moderator yakni Dr. Winarno, S.Pd., M.Si. (PPKn FKIP UNS). Selanjutnya sebagai pengantar pembuka sekaligus sambutan oleh Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum (Ketua AP3KnI Jateng dan Sekjend AP3KnI Pusat). Moderator mengawali sarasehan dengan memberikan pemicu diskusi yang kemudian dipaparkan materi oleh para Narasumber. Narasumber yang pertama Dr. Agus Sutono, S.Fil., M.Phil. (AP3KnI Jateng), dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr. Subelo Wiyono, S.H., M.Pd. (AP3KnI Jabar). Terakhir oleh Prof. Dr. Tjipto Sumadi, M.Si., M.Pd. (AP3KnI DKI Jakarta).

Peserta dari berbagai kalangan Siswa, Mahasiswa, Alumni, Dosen, dan Umum. Tanya jawab dilakukan secara masif dan kritis oleh para peserta. Namun, karena keterbatasan waktu sehingga hanya beberapa peserta saja yang dapat bertanya. Sarasehan ini direncanakan akan diadakan sebulan sekali untuk membuka ruang diskusi, tanya jawab, dan menambah wawasan tentang Pancasila yang berkelanjutan.