Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah AP3KnI Jawa Tengah

Posted by & filed under .

Telah terselenggara Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah AP3KnI Jawa Tengah pada tanggal 20 Maret 2023 di Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Acara tersebut dihadiri oleh Mahasiswa, Guru, Dosen dari berbagai wilayah sekaligus Instansi untuk mengikuti seminar nasional. Seminar Nasional membawa tema Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pendidikan Karakter dengan pembicara Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum (Ketua AP3KnI/Kaprodi S2 PPKn) dan Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd (Rektor UNIMUS/Guru Besar UNNES) dimoderatori oleh Rahmat Sudrajat, S.Pd., M.Pd (Ketua Prodi PPKn UPGRIS).

Kedua pembicara membawakan materi tentang karakter bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan. Seminar nasional berjalan dengan baik dan dipenuhi dengan diskusi tanya jawab antar peserta dan pembicara, terdapat 2 orang penanya yang secara garis besar menanyakan mengenai pembelajaran PKn yang membosankan dan pengembangan karakter pada kurikulum merdeka. Setelah seminar nasional selesai dilanjutkan dengan acara musyawarah wilayah.

Musyawarah wilayah (Muswil) ini dihadiri pula oleh peserta seminar nasional yakni Guru dan Dosen dari berbagai wilayah yang tergabung didalam AP3KnI Jawa Tengah. Musyawarah Wilayah tersebut diselenggarakan untuk pergantian kepemimpinan AP3KnI Jateng yang diketuai oleh Prof. Triyanto. Muswil diawali dengan pemaparan laporan pertanggungjawaban Prof Triyanto sebagai ketua AP3KnI Jawa Tengah selama periode 2018-2023. Kemudian dilanjutkan untuk pemilihan ketua AP3KnI periode selanjutnya yakni 2023-2028. Hasil musyawarah yang didapatkan bahwa yang menjadi ketua selanjutnya ialah Prof. Dr. Eko Handoyo, M.Si.

Selamat kepada Prof. Eko atas terpilihnya ketua AP3KnI Jateng Periode 2023-2028, semoga atas terpilihnya Prof. Eko dapat membawa AP3KnI menjadi Asosiasi Profesi yang semakin maju dan jaya.